Monday, January 7, 2019

Tutorial dasar Framework codeIgniter

TUTORIAL DASAR FRAMEWORK CODEIGNITER (CI)

Pada tahap pembelajaran ini untuk belajar framework harus mengerti dulu atau setidaknya mengenal php dan sistem OOP dalam merancang sebuah website yang terstruktur. Dalam belajar Membangun Framework CI ini yang dibutuhkan adalah.
1. Framework CI (download terlebih dahulu)
http://www.codeigniter.com/2. Siapkan Editornya (Sublime Text / Notepad ++ dll)
3. Database (Xampp/ Wamp)
1.1. Pengenalan Framework PHPFramework bisa diartikan sebagai kerangka kerja, dalam dunia pemprograman php Framework adalah sekumpulan script yang terstuktur yang dapat membantu seorang develop atau pengembang dalam menangani masalah masalah pemprograman php dengan mudah sehingga mempercepat dalam pembuatan website. Atau bisa dikatakan sebagai sekumpulan fungsi-fungsi php yang terstruktur sehingga programer tidak harus membuat fungsi-fungsi itu dari awal.
Framework beda dengan CMS (Content Management System), apa sih CMS itu ? Apa perbedaan CMS dan Framework. Sebagai orang awam atau bisa dikatakan newbie dalam php akan tanya-tanya. CMS sendiri biasanya digunakan oleh orang develop atau newbie yang tidak mau repot masalah perprograman php. Mereka lebih lebih suka menggunakan CMS karena semua sistemnya sudah terbangun dan tinggal merubah beberapa bagian atau menghilangkan bagian-bagian tertentu untuk bisa menjadi website. Banyak sekali CMS yang ada sekarang ini misalnya Lokomedia, Wordpress,
Joomla, Mambo, Drupal dan masih banyak lagi.
Nah sekarang apa sih CMS itu ?? CMS atau dikatakan Sistem Manajemen Konten adalah sebuah perangkat website yang sudah jadi yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan juga mengubah atau memanpulasi isi dari website cms tersebut.Apa Perbedaannya dengan Framework ? Framework sendiri adalah kerangkan kerja website yang terstruktur sedangkan CMS adalah sebuah sistem website yang sudah jadi dan seorang develop tinggal menambahkan atau mengurangi isi kontent tersebut, setidaknya untuk membuat website yang diinginkan hanya merubah sedikit, sedangkan pada framework anda harus membuat dulu backend dan juga frontendnya.
Lebih gampangnya dalam mencermati ini semisal anda adalah seorang pengrajin patung, istilah Framework itu adalah anda membuat patung dari nol, yaitu dengan memahat kayu sampai jadi patung. Kalo CMS adalah anda tinggal membeli patung yang sudah jadi , anda tinggal merakitnya dengan memasang bagian- bagiannya dan memberi warna maka sudah manjadi patung.
Framework dalam pemprograman php ada banyak jenisnya, dalam buku ini saya akan membahas salah satu framework yang sering juga digunakan oleh kalangan programer website yaitu CI (CodeIgniter). Dalam framework ada beberapa struktur website yang harus diketahui. Untuk memulai ini anda harus bisa atau setidaknya mengerti php dasar dulu agar tidak kebingungan masalah pemprograman website dengan framework.

1.2. Pengenalan Framework CodeIgniterFramework CodeIgniter adalah ini adalah framework yang menggunakan model MVC (model,view dan controller) untuk membangun sebuah website yang dinamis dengan menggunakan php, framework ini adalah turunan dari php jadi kodingnya tidak jauh jauh dari php yang anda kenal sebelumnya dengan model view controller ini seorang developer akan mudah dalam membangun sebuah aplikasi website dan desain tampilan yang terstuktur sehingga dengan model ini dalam maintenance website sangat mudah.
CodeIgniter merupakan salah satu framework terbaik saat ini, banyak para develop web menggunakan framework ini dalam pembuatan sistem dan aplikasi mereka.
Selain kemudahan dan penggunaannya, codeIgniter juga termasuk framework yang stabil dan cepat dalam penggunaannya, karena menggunakan struktur MVC dalam penggunaan framework ini tak jarang sudah banyak website dan aplikasi menggunakan ini bahkan sudah banyak komunitas codeIgniter dimana – mana.

1.3. Pengertian MVCKonsep MVC merupakan konsep yang harus atau wajib diketahui terlebih dahulu sebelum mengenal framework CodeIgniter. MVC sendiri merupakan sebuah patent/ teknik pemprograman yang memisahkan antara alur, data dan antarmuka suatu sistem atau bisa dikatakan secara sederhana bahwa MVC sebuah patent dalam framework yang memisahkan antara desain, data dan proses Untuk lebih jelasnya konsep MVC sebagai berikut :Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
 Jadi Controller bertugas sebagai penjembatani antara model yang terkoneksi dengan database dengan dibuatkan class dan fungtions di controllers dan dihubungkan ke views untuk ditampilkan aplikasinya.
Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan framework codeIgniter ini adalah sebagai berikut :
Mudah Dimengerti : Framework ini tidak jauh – jauh beda dengan php biasanya, anda akan bisa mengerti maksud dari code – code yang ada dalam CI tersebut, karena framework ini turunan dari php biasanya jadi mudah dipelajari.Menghemat Waktu Pembuatan : Dengan stuktur MVC dan library yang telah disediakan oleh framework CI ini anda tidak usah memikirkan strukturnya, jadi anda hanya fokus pada proses pembuatannya aja.
Penggunaan Code Berulangan : Dengan Framework CodeIgniter, pekerjaan anda akan memiliki struktur yang baku, sehingga anda bisa menggunakan stuktur ini kembali pada pekerjaan anda yang lain.Perfomanya Cepat dan Stabil : Dalam melakukan eksekusi, CodeIgniter lebih cepat dan stabil dari pada framework yang lain.Konfigurasi yang Minim : Untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti routes.php, config.php, namun untuk menggunakan CI dengan settingan yang standar, anda tidak perlu merubah
banyak setingan di file yang ada pada folder config.php.
Banyak Sekali Komunitas : CodeIgniter ini banyak sekali pengembangnya dan komunitasnya . Jadi anda tidak perlu kawatir akan kesulitan dalam pembuatannya karena dari kalangan komunitas CodeIgniter akan membantu anda untuk memperdalam pemrograman anda.URL Friendly : dengan menggunakan routes.php anda dapat dengan mudah membuat url menarik dengan meminimalisasi menggunaan $_GET menjadi URL.


Catatan Penting !
Permulaan dalam belajar Framework CodeIgniter ini anda diharusnya mengerti terlebih dahulu konsep php sederhana karena bila anda tidak mengenali terlebih dahulu konsep PHP tersebut, anda akan banyak mengalami kesulitan dalam melakukan pemprograman dengan menggunakan konsep MVC yang ada pada framework CI tersebut. Bukan hanya masalah konsep yang ada pada framework CodeIgniter anda akan kesulitan dan akan terus berkutat seputar PHP.
Framework CodeIgniter ini sudah menggunakan konsep PHP dan OOP (Object Oriented Programming) dan akan lebih bagus lagi bila anda mengenal PHP terlebih dahulu kemudian mengenal konsep OOP.


CodeIgniter 2.0
CodeIgniter versi 2.0 dan keatasnya atau versi terbaru ini banyak sekali perubahan yang
ada dalam framework ini dari versi sebelumnya. Perubahan ini membuat CodeIgniter menjadikan lebih segar , kaya dan matang bandingkan framework lainnya. Perubahan tersebut diantaranya adalah :
1. Menghilangkan PHP4 , karena php4 sudah tidak didukung oleh tim pengembang php dan apabila masih menggunakan php4 CodeIgniter ini akan terlihat ketinggalan jaman.
2. Menghilangkan fitur plugin, karena plugin mirip dengan helper yang menyebabkan kerancuan dalam pemprogramannya maka fitur ini dihilangkan.
3. Menghilangkan fitus Scaffolding , karena fitur ini nyaris tidak pernah digunakan oleh develop framework codeIgniter serta impelentasinya masih kurang bagus.
4. Menambahkan library drive, ini library khusus dimana kita dapat membuat drive dari library yang telah kita buat.
5. Penambahan Support Query String dan Command Line Exeution, dengan ini akan menjawab kesulitan kesulitan yang dialami pada versi sebelumnya.
6. Penambahan Library Cache, untuk meningkatkan kwalitas aplikasi makan library cache baik menggunakan apc, mencached maupun file base.
7. Penambahan fitur package , bertujuan untuk mempermudah distribusi dalam sebuah folder.

 Sumber :
Modul Panduan Framework Codeigniter (Ci)                Oleh Tim Airputih (info@airputih.or.id)
 

No comments:

Post a Comment